Detail Berita

Perjuangan Pintu Air Dam Baraan 9 Desa Pait Kecamatan Kasembon

Di Indonesia secara Umum dan Kabupaten Malang pada khusunya sistem pengairan irigasi telah menjadi salah satu cara untuk mengairi lahan pertanian. Jika persediaan air melimpah karena tempat yang dekat dengan sungai atau sumber mata air, maka irigasi dilakukan dengan mengalirkan air tersebut ke lahan pertanian. Dari sinilah pintu air dibutuhkan untuk mengatur debit air yang keluar dari bendungan dan yang menuju ke lahan pertanian. Karena melalui proses gravitasi, tanah yang tinggi akan mendapat air lebih dahulu.

Pintu air yaitu bangunan penunjang pada suatu bendung. Ini diatur dan difungsikan untuk mengatur air di sungai, bendungan penahan banjir, maupun di tanggul sungai. Bila terjadi banjir, air dikuras dengan cepat.

UPT Pengelolaan SDA Ngantang melaksanakan kegiatan kerja bakti mengamankan pintu air di Dam Baraan 9 Desa Pait Kecamatan Kasembon.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan mengamankan sarana dan prasarana bangunan irigasi yang terkena banjir di Sungai Baraan 9 Desa Pait Kecamatan Kasembon

#kabupatenmalang #malangkabupaten #pusdakabmalang

Berita Lain